Turki Kecewa Dilarang Berkunjung ke Negara Anggota Uni Eropa

Turki Kecewa Dilarang Berkunjung ke Negara Anggota Uni Eropa – Pemerintah Turki kecewa dengan keputusan Uni Eropa tidak memasukkannya ke dalam daftar negara-negara yang warganya boleh berkunjung ke Eropa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Hami Aksoy, menilai keputusan Uni Eropa seperti tidak menghargai usaha Turki mengendalikan pandemi virus Corona (COVID-19).

“Usaha Turki untuk melakukan pembatasan sosial dan capaian-capaian selama pandemi Corona itu nyata adanya.

Keputusan Uni Eropa seharusnya bersifat objektif dan menimbang kesuksesan sebuah negara,” kata Aksoy sebagaimana dikutip dari Anadolu, Kamis, 2 Juli 2020.

Diberitakan sebelumnya, Uni Eropa sudah mengeluarkan daftar negara yang penduduknya boleh berkunjung ke Eropa.

Uni Eropa menyatakan sebagai The Safe List (Daftar Aman), negara-negara yang dianggap berhasil mengendalikan pandemi Corona sehingga kecil kemungkinan warganya membawa virus ke Eropa.

Sejumlah negara yang masuk ke dalam Daftar Aman Uni Eropa itu ialah Kanada, Australia, Korea Selatan, Jepang, dan Morokko. Sementara itu, yang gagal masuk, beberapa di antaranya adalah Cina, Amerika, Brazil, dan Turki.

Aksoy memastikan bahwa pihaknya akan kooperatif.

Walau kecewa dengan keputusan Uni Eropa, Aksoy memastikan bahwa pihaknya akan kooperatif.

Informasi-informasi soal pandemi Corona di Turki akan terus dibagikan secara transparan untuk memastikan Turki bisa masuk ke pembaruan Daftar Aman.

“Kami mengharapkan kesalahan travel restriction untuk warga kami ini segera diperbaiki,” pungkas Aksoy.

Uni Eropa menyampaikan bahwa Daftar Aman akan diperbarui secara berkala.

Mereka menjanjikan daftar diupdate setiap dua pekan sekali dengan menimbang sirkulasi virus pada negara-negara yang mengajukan akses ke Eropa.

Turki, sampai berita ini ditulis, tercatat mempunyai 201 ribu kasus, 5 ribu korban meninggal dan 175 ribu pasien sembuh dari virus Corona (COVID-19).

Draft tersebut kemudian dipersempit menjadi 15 negara yang kini sudah final. Per 1 Juli 2020 negara-negara yang penduduknya akan diizinkan untuk memasuki Eropa adalah sebagai berikut:

1. Aljazair
2. Australia
3. Kanada
4. China
5. Georgia
6. Jepang
7. Montenegro
8. Maroko
9. Selandia Baru
10. Rwanda
11. Serbia
12. Korea Selatan
12. Thailand
14. Tunisia
15. Uruguay

Itulah Negara – negara yang diperbolehkan untuk berkunjung ke Eropa.