10 Cara Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Lumut membandel – Kelembapan udara yang tinggi di rumah tidak hanya mempengaruhi kualitas kesehatan. Pertumbuhan lumut pun sulit dihindari akibat pengaruh kelembapan udara yang tinggi serta banjir. Itulah sebabnya Anda harus tahu cara untuk menghilangkan lumut di rumah agar tidak menyebabkan lantai dan dinding jadi licin serta kotor.

Cara s128 deposit via pulsa untuk menghilangkan lumut yang tumbuh di sudut-sudut rumah ternyata tidak sulit asalkan Anda melakukannya secara benar. Rumah yang bebas dari lumut juga akan membuat tampilan hunian semakin asri dan bersih. Yuk ikuti beberapa tips dan cara ini agar lumut membandel di rumah bisa segera hilang.

1. Menyirankan Larutan Garam

1 menghilangkan lumut di rumah dengan garam dapur - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Kalau Anda ingin menyikat lantai atau dinding yang berlumut, jangan lupa menggunakan larutan garam supaya lebih bersih. Campurkan dua liter air dengan tiga sendok makan garam dapur kemudian siramkan pada bagian rumah yang akan disikat. Meskipun butuh tenaga besar, larutan garam dapat menghilangkan lumut di rumah dan mencegahnya tumbuh kembali.

2. Memakai Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Tak banyak orang yang tahu kalau sabun cuci piring juga bisa jadi cara ampuh guna menghilangkan lumut di rumah. Larutkan sabun cuci piring dengan sedikit air kemudian gunakan busa untuk mengusapkan larutan tersebut pada lantai dan dinding berlumut. Bila semua lumut sudah bersih, jangan lupa membilas lantai dan dinding agar tidak licin.

3. Menggunakan Cuka Masak

2 menghilangkan lumut di rumah cuka dapur - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Kandungan asam dalam cuka masak juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan lumut di rumah. Siramkan sedikit cuka masak pada lantai atau dinding yang sudah berlumut tebal lalu sikatlah perlahan-lahan hingga lumut terlepas. Jangan lupa membilas lantai dan dinding dengan air bersih mengalir supaya tidak ada sisa-sisa cuka yang rentan merusak lapisan lantai dan dinding.

Baca juga: 6 Desain Interior Kantor Mungil di Rumah untuk Work From Home

4. Memanfaatkan BAking Soda

shutterstock 465031619 - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Sama seperti cuka masak, baking soda juga memiliki tingkat keasaman tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi lumut. Buatlah campuran yang terdiri dari air dan baking soda. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada permukaan lantai dan dinding berlumut sambil digosok perlahan-lahan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan larutan baking soda untuk membersihkan granit, keramik, dan kayu karena berisiko menyebabkan keropos dan pengelupasan.

5. Menyiapkan Air Kapur

3 menghilangkan lumut di rumah dengan kapur - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Bukan hanya kandungan asam yang dapat membasmi lumut sampai tuntas. Kandungan basa yang terdapat dalam kapur juga memiliki manfaat serupa. Jadi, Anda dapat membuat larutan air kapur untuk membersihkan lumut. Siramkan larutan air kapur pada bagian rumah yang berlumut lalu tunggu selama semalaman sebelum menyikatnya. Air kapur akan membuat tekstur lumut yang tebal jadi melunak dan lebih gampang dibersihkan.

6. Membasmi Lumut dengan Produk Pemutih Baju

Deterjen Baju - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Produk pemutih baju juga bisa digunakan untuk membasmi lumut membandel di rumah. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda tinggal mencampurkan air bersih dan produk pemutih baju dengan perbandingan 4:1. Selanjutnya, siramkan campuran tersebut pada bagian rumah yang berlumut sembari disikat hingga bersih. Kandungan bahan kimia dalam produk pemutih baju akan mencegah lumut tumbuh kembali.

7. Mengandalkan Air Aki

4 air aki - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Dalam kondisi darurat, persediaan air aki di rumah juga bisa diandalkan untuk menghilangkan lumut. Anda hanya perlu menyiramkannya pada bagian rumah yang berlumut lalu tunggu selama beberapa jam sebelum menyikatnya hingga bersih. Jangan sampai ada air aki yang tersisa pada lantai atau dinding karena bahan kimia tersebut bersifat korosif (rentan menyebabkan karat dan keropos).

8. Menggosok-gosokkan Batu Bata

Batu Bata - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Ternyata batu bata juga dapat digunakan untuk mengusir lumut membandel. Anda hanya perlu menyiapkan batu bata yang seukuran dengan genggaman tangan lalu menggosok-gosokkannya pada permukaan yang berlumut. Walaupun terkesan tidak praktis, penggunaan batu bata sebenarnya cukup efektif dan tidak menyebabkan efek kerusakan pada lantai serta dinding.

9. Menghaluskan Tablet Kaporit

5 tablet kaporit - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Kaporit yang berfungsi menjernihkan air rupanya juga bisa difungsikan untuk menghilangkan lumut. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa butir tablet lalu menghaluskannya hingga berbentuk bubuk. Selanjutnya, taburkan bubuk kaporit pada permukaan berlumut dan diamkan selama satu jam. Setelah satu jam, lumut akan lepas dengan sendirinya. Anda tinggal menyikat dan menyiram lantai serta dinding yang sudah bersih dari lumut. Bilaslah sampai bersih agar tidak licin.

10. Meminimalkan Paparan Sinar Matahari

shutterstock 1284709867 - Tips Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Kelembapan udara yang tinggi dan paparan sinar matahari akan menciptakan habitat yang tepat bagi lumut. Oleh sebab itu, Anda wajib meminimalkan paparan sinar matahari di rumah bila ingin menghilangkan lumut secara efektif. Lindungi dinding dan lantai rumah dengan kanopi untuk menghalau sinar matahari. Maka lumut yang licin dan merepotkan pun tak akan tumbuh lagi pada bagian rumah yang sama.

Menghilangkan lumut membandel di rumah nyatanya mudah dan bisa dilakukan dengan mengandalkan sejumlah cara dan bahan yang sudah tersedia. Jangan biarkan rumah Anda jadi kotor dan lembap akibat perkembangbiakan lumut di lantai dan dinding.

Sumber: Bramblefuniture.com