Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim – Sebelum SGCKA mengulas artikel tentang tips mendesain interior rumah dengan budget yang minim pastinya Anda mengetahui bahwa anggaran merupakan suatu hal yang penting drencanakan dalam sebuah proyek desain interior rumah. aeacap.org

Dalam sebuah perencanaan proyek desain interior rumah, desain interior rumah minimalis, desain interior kamar, desain interior kamar tidur, desain interior ruang tamu, desain interior dapur pasti akan dawali dengan perhitungan anggaran, karena anggaran yang akan menjad nahkoda bagaimana proyek desain interior dan dekorasi akan berjalan lancar maupun tersendat-sendat. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat budget pengeluaran untuk desain interior rumah.

1. Buat Planning

Sebelum memulai mendesain interior, Anda harus memiliki perencanaan yang matang bagaimana desain interior yang Anda inginkan. Gaya apa yang akan dusung, warna dndng apa yang akan dgunakan, model pintu dan jendela seperti apa yang akan dgunakan, perabotan apa yang dbutuhkan dan d mana akan meletakkannya, dan lain sebagainya. Lalu perinci apa saja yang akan Anda butuhkan dan berapa biaya yang akan dkeluarkan. Jika melebihi budget yang Anda miliki jangan berkecil hati dulu, Anda bisa menemukan alternatif pilihan barang yang Anda miliki dengan harga yang lebih murah. Anda harus sabar dan lebih teliti dalam memilih barang yang akan Anda beli. Atau gunakan sistem menyicil yang biasanya dpromosikan d beberapa toko furniture.

2. Re-use Barang Lama

menggunakan kembali barang lama - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Dengan budget terbatas, saatnya Anda memilah-milah mana dari perabotan yang sudah Anda miliki dan masih bisa dgunakan kembali. Mungkin lemari pakaian, meja makan, rak kabinet, atau yang lainnya. Sofa adalah salah satu perabotan yang memakan biaya besar jika Anda membeli yang baru. Coba lihat kondsi sofa Anda sekarang, jika hanya sobekan d pelapis bentalannya, Anda bisa mengganti lapisan penutupnya dengan yang baru. Lebih hemat bukan?

3. Maksimalkan Tata Ruanganfurniture tanpa pernis - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Tak bisa dpungkiri, dalam sebuah ruangan selalu ada potongan furniture besar yang menjad point utama dalam ruangan. Seperti contohnya ranjang pada kamar tidur, meja makan pada ruang makan, atau sofa pada ruang keluarga. Investasikan uang Anda pada perabotan-perabotan penting ini dan selanjutnya Anda tinggal menambahkan aksesoris ruangan sebagai pelengkapnya sehingga ruangan Anda bisa terlihat semakin cantik.

4. Beli Furniture Tanpa Pernis dan Noda

Membeli furniture ‘telanjang’ seperti ini bisa menghemat pengeluaran karena harganya lebih murah. Setelah itu lakukan finishing sendri sesuai selera Anda. Jangan lupa untuk amplas halus sehingga hasil pernisannya nanti akan tahan lama, tidak berserabut dan mengkilap.

5. Beli Barang Second

beli barang second - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Barbek alias barang bekas tidak selalu jelek. Jangan meremehkan barang-barang secondhand karena Anda tak akan menduga apa yang bisa dtemukan d sana! Mungkin Anda bisa menemukan barang bagus dengan harga yang jauh lebih murah dari harga barunya misalkan jam antik atau mungkin lampu gantung dengan kondsi yang masih bagus. Luangkan waktu untuk berbelanja d toko barang bekas, mengunjungi tempat pelelangan, pameran pameran yang menjual barang second berkualitas dengan harga yang miring.

6. Berani Bermain Warna

berani bermain warna - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Salah satu trik termurah adalah dengan bermain warna! Cat dndng merupakan material termurah yang bisa membuat tampilan mengagumkan dan berbeda pada ruangan huni Anda. Pertimbangkan warna untuk ruangan dengan menggunakan rumus 60-30-10. 60% warna yang dgunakan untuk menutupi sebagian besar dndng (sebaiknya pilih warna netral sehingga lebih mudah mencocokkan dengan perabotan Anda), 30% untuk warna ke 2 menutupi area yang lebih kecil, dan 10% terakhir gunakan warna mencolok atau favorit Anda sebagai aksen. Sebelum memulai mengecat coba dulu aplikasikan pada sebagian kecil dndng Anda untuk mengetahui bagaimana nantinya warna itu ketika memenuhi dndng Anda.

7. DIY Dekorasi

diy dekorasi - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Dekorasi ruangan biasanya membutuhkan biaya yang banyak karena pernak-pernik lucu yang Anda lihat d toko perabotan biasanya berharga mahal, atau mungkin murah tapi harus dbeli dalam jumlah yang banyak agar tampil menarik. Kenapa tak mencoba membuat sendri dekorasi untuk ruangan Anda! Banyak ide-ide DIY interior yang bisa Anda coba, selain lebih personal, Anda bisa memamerkannya ketika ada tamu yang berkunjung!

8. Pilih Gaya Desain Minimalisinterior rumah minimalis - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Sesuai dengan namanya, gaya desain interior minimalis membutuhkan perabotan dan nuansa yang simple dan minimalis pula. Maka Anda tak perlu repot memikirkan aksesoris apa saja yang dbutuhkan untuk membuat tampilan ruangan lebih menarik. Karena desain interior minimalis juga menggunakan perabotan yang dperlukan saja tanpa perlu aksesoris yang berlebihan dan tak benar-benar dgunakan. Warna yang dgunakan juga biasanya monokrom, dengan garis perabotan bersih dan lurus, sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Selain itu gaya desain interior minimalis sedang trend sekarang jad Anda bisa tampil modern dan in!

9. Jangan Kerja Borongan

kerja borongan - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

Kebanyakan orang ingin mendesain ruangan dalam sekali kerja, padahal hal ini justru akan membuat desainnya tidak maksimal. Hemat sih hemat, tapi kalau tidak memuaskan, buat apa? Lakukan desain secara bertahap dengan skala prioritas. Dahulukan ruangan yang benar-benar membutuhkan dekorasi ulang. Setelah beberapa waktu dan cukup dana, pikirkan untuk mendesain ulang ruangan yang lain.

10. Sewa Desainer Pemula

desainer pemula - Tips Mendesain Interior Rumah dengan Budget yang Minim

 

Semua tips d atas akan sangat berguna jika Anda memiliki sense yang bagus dalam mendesain ruangan. Bagaimana jika
ka butuhkan adalah pengalaman. Buka lowongan dan lakukan seleksi untuk mendapat orang yang potensial dan sesuai dengan harapan Anda.tidak? Coba sewa jasa desainer amatir atau pemula seperti mahasiswa tingkat akhir misalnya. Mereka tidak akan meminta bayaran yang mahal karena yang mere