Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal – Pada era new normal sekarang diperlukan physical distancing dan protokol kesehatan yang dilakukan dengan benar untuk mengurangi penyebaran virus. Restoran saat masa pandemi seperti sekarang harus dapat meyakinkan pengunjung. Selain menjaga kebersihan makanan, restoran juga harus memperhatikan kebersihan interior restoran.

Pihak restoran tentu juga ingin memberikan rasa nyaman pada pengunjung saat menyantap makanannya, terutama saat era new normal seperti sekarang. Tidak dapat dipungkiri bahwa desain interior sangat berdampak dalam menciptakan suasana dalam restoran, dapat meningkatkan kenyamanan dan menarik saat dilihat. Untuk itu diperlukan beberapa tips desain interior untuk restoran di era new normal, di antaranya:

1. Menggunakan jendela

picture 1460602701 - Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Coba bayangkan restoran tanpa adanya jendela, pasti terasa sesak bukan? Jendela sangat dibutuhkan untuk sirkulasi udara khususnya restoran yang dikunjungi oleh banyak orang. Sirkulasi udara yang kurang baik dapat menyebarkan virus terutama di ruang tertutup.

Mengkutip dari https://slotpragmatic.asia/ selain sirkulasi udara, sinar matahari yang masuk ke dalam ruang dapat membantu membunuh virus dan meningkatkan imunitas tubuh. Jika ruangan tidak memiliki jendela, dapat memanfaatkan pintu yang terbuka atau alat penyaring udara.

2. Menambahkan tumbuhan di dalam ruangan

50250343867 29eaf29867 o - Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Tumbuhan hijau sudah terkenal dapat meningkatkan kualitas kesehatan bagi manusia karena dapat menyaring polusi. Selain dapat menyaring polusi dan sebagai dekorasi ruangan, tumbuhan juga dapat mengurangi debu dalam ruangan, seperti pada karpet atau gorden. Ketika sirkulasi udara dalam ruang sehat, maka akan membantu meningkatkan kinerja, kenyamanan, dan kualitas kesehatan.

3. Memanfaatkan sensor

ilustrasi restaurant masa depan 20150618 144042 - Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Di zaman modern ini, semua orang pasti banyak yang mengandalkan penggunaan teknologi untuk menunjang aktivitasnya. Salah satu contoh teknologi yang banyak terpakai saat ini adalah sensor. Sensor memiliki beberapa jenis, seperti: sensor gerak, sensor suara, sensor suhu dan masih banyak lagi.

Teknologi sensor ini dapat bermanfaat ketika ingin membuka pintu atau menggerakan suatu objek melalui suara atau gerakan saja. Menggunakan sensor biasanya  pada pintu, wastafel dan hand sanitizer.

4. Menggunakan bahan antimikroba

a8761f12651aeddc5db44172598ab85b 879d1f097de1d185ed894456ebd09720 - Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Kalian pasti banyak menemukan benda yang terbuat dari tembaga, kuningan, dan perunggu dalam kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga dapat mengurangi penyebaran penyakit. Bahan tembaga, kuningan dan perunggu dapat mengaplikasikan pada barang yang sering tersentuh seperti handle pintu, laci, dan tangga pada restoran.

5. Menjaga jarak

078090900 1589950111 20200520 Restoran Thailand 2 - Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Physical dystancing dapat menerapkan pada area antrean kasir menggunakan tiang dan tanda pembatas antara pengunjung. Dalam bertransaksi sebaiknya menggunakan pembayaran non-tunai seperti e-money atau credit card dan menggunakan menu QR Code atau aplikasi online lainnya.

6. Memberi sekat antar meja 5ebaf990d51d4 - Tips Desain Interior Restoran di Era New Normal

Sekat yang dapat berguna seperti berupa sekat sementara menggunakan bahan akrilik atau bahan yang lain. Menggunakan sekat yang  dapat meletakkan  antara meja sehingga membentuk suatu ruang yang lebih privasi.

Pada area kasir juga perlu beri pembatas antara staf dan pengunjung restoran. Pemberian sekat akan membantu menghambat penyebaran virus serta memberikan rasa aman dan nyaman saat beraktivitas bagi pengunjung dan pekerja restoran.