Taman terindah di indonesia

Taman-taman eksotis yang ada di indonesia untuk berlibur – Letak geografis Indonesia membuatnya memiliki banyak hutan. Sejumlah hutan alami tersebut kemudian ada yang dijadikan taman nasional sebagai pelestarian flora dan fauna.

Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan konservasi karena dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi.

Beberapa taman indonesia yang wajib di kunjungi

Taman Indonesia Kaya

Yang dulunya dikenal dengan nama Taman KB kini berganti wajah dengan tapilan yang lebih indah. Usai diresmikan oleh Wali kota Semarang Bapak Hendrar Prihadi tahun 2018 lalu, kini menjadi satu objek wisata baru bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Selain sebagai area terbuka hijau, Taman ini juga berdiri megah sebuah panggung teater berkapasitas sampai seribu orang yang bisa dimanfaatkan oleh seniman lokal untuk menggelar berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Indonesia.

Proses pembangunan Taman ini sendiri merupakan kerja sama Bakti Djarum Fondation bersama Pemerintah Kota Semarang yang didedikasikan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dan dunia seni pertunjukan Indonesia. Tiap weekend, berbagai pertunjukkan seni di gelar untuk melestarikan dan mengenalkan budaya Indonesia.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki pesona alam liar yang benar-benar menantang. Di taman nasional ini terdapat binatang-binatang yang hidup bebas berkeliaran diantaranya badak Sumatra, gajah Sumatra, orang utan, hingga beruang madu. Nama dari taman nasional Gunung Leuser diambil dari nama gunung yang berdiri kokoh di kawasan tersebut yakni Gunung Leuser.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang terletak di ujung barat daya Sumatra ini ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. Tahun 1935, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dinyatakan sebagai Cagar Alam Suaka Margasatwa. UNESCO juga menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai Situs Warisan Dunia.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera, luasnya sekitar 13.750 km persegi. Di sini adalah tempat flora dan fauna langka hidup dan bertumbuh. Beberapa binatang liar yang ada di taman nasional ini yakni Harimau Sumatera, badak Sumatera, gajah Sumatera, macan dahan, tapir Melayu hingga beruang madu. Tak hanya itu, masih ada sekitar 370 jenis burung yang hidup di kawasan taman nasional Kerinci Seblat. Bunga raksasa Raflesia Arnoldi juga bisa anda jumpai di taman ini.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional (TN) Tanjung Puting terletak di semenanjung Kalimantan Tengah. Di sini terdapat konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sampai 40.000 orangutan. Tersebar di taman nasional dan juga di luar taman nasional ini. Selain itu TN Tanjung Puting juga merupakan cagar biosfer yang ditunjuk pada tahun 1977 dengan area inti TN Tanjung Puting seluas 415.040 ha yang ditetapkan pada tahun 1982.

aman Nasional Tanjung Puting ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Tanjung Puting, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan. Dengan status Taman Nasional dan cagar biosfer TN Tanjung Puting ini dapat terjaga kelestariannya dan merupakan daya tarik salah satu wisata di Indonesia, berbeda dengan Konservasi orangutan yang terdapat d ibagian Kalimantan lainnya kita melihat Orangutan di habitat buatan manusia. tidak di TN Tanjung Puting ini kita dapat melihat langsung habitat alami Orangutan secara langsung dan melihat langsung hidup mereka di alam liar.