Inspirasi DIY Tanaman Indoor agar Interior Rumah Makin Asri

DIY Tanaman Indoor -Dekorasi interior rumah yang monoton tentu membuat Anda mudah bosan. Apalagi ketika Anda harus beraktivitas seharian di rumah saat melakukan physical distancing untuk mengantisipasi penularan virus corona atau COVID-19. Nah, Anda bisa memanfaatkan waktu senggang untuk mengubah dekorasi interior rumah, salah satunya dengan melakukan kegiatan Do It Yourself (DIY) berkonsep tanaman indoor.

Kehadiran tanaman indoor memang selalu ampuh untuk mengubah suasana rumah menjadi lebih nyaman dan asri. Berkebun di rumah tak selalu membutuhkan lahan besar asalkan Anda bisa daftar s128 pulsa menyiasatinya dengan cermat.

Yuk, coba pakai beberapa ide DIY berikut untuk membuat nuansa interior rumah jadi lebih sejuk.

Siapkan Pot Gantung (Hanging Display)

Siapkan Pot Gantung Hanging Display - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Ide DIY tanaman indoor yang satu ini paling sering digunakan untuk menyiasati keterbatasan interior rumah. Kehadiran pot-pot gantung akan membuat interior rumah jadi sejuk tanpa kesan sempit. Anda patut menggunakan pot-pot mungil berbentuk unik agar lebih sedap dipandang. Jangan lupa meletakkan pot gantung berisi tanaman indoor di tempat yang terkena sinar matahari agar dapat tumbuh dengan maksimal.

Baca juga : 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic Yang Kekinian

Manfaatkan Gelas Bekas untuk Pot Tanaman

Manfaatkan Gelas Bekas untuk Pot Tanaman - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Jangan langsung membuang gelas-gelas bekas yang sudah usang dan tidak dipakai lagi. Anda bisa memanfaatkan gelas tersebut untuk pot tanaman indoor. Ide dekorasi tanaman indoor yang satu ini bisa Anda wujudkan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Pastikan bahwa ukuran tanaman Anda tidak terlalu besar sehingga pertumbuhannya tetap maksimal jika diletakkan di gelas bekas.

Letakkan Tanaman pada Pot Tanah Liat Warna-Warni

Letakkan Tanaman pada Pot Tanah Liat Warna Warni - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Pot tanah liat berwarna cokelat memang terkesan membosankan. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengecat pot-pot tanah liat sebelum menggunakannya. Kebun indoor mini Anda akan tampak lebih semarak dengan pot-pot tanah liat yang berwarna-warni. Suasana interior rumah Anda pun akan semakin instagramable jika dilengkapi aneka tanaman indoor mungil dalam pot aneka warna.

Gunakan Akuarium atau Toples Kaca untuk Tanaman

Gunakan Akuarium atau Toples Kaca untuk Tanaman - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Kalau Anda menyukai suasana interior rumah yang simpel, dekorasi tanaman indoor dengan konsep terrarium juga cocok untuk Anda. Terrarium bisa dibuat dengan memanfaatkan akuarium atau toples kaca bekas. Tampilan wadah yang transparan akan membuat visual tanaman tampak lebih indah. Ukuran terrarium buatan Anda juga bisa disesuaikan dengan kapasitas interior rumah. Anda dapat membuat terrarium berukuran mungil jika ukuran rumah Anda tidak terlalu besar sehingga tidak menimbulkan kesan sempit.

Pakai Kawat untuk Tanaman Merambat

Pakai Kawat untuk Tanaman Merambat - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Tanaman merambat juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik suasana interior rumah. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja, yaitu paku, palu, kawat, dan tanaman indoor dalam pot. Susunlah pola paku di dinding lalu lilitkan kawat dengan bentuk-bentuk tertentu, misalnya bentuk persegi empat atau segi enam. Kemudian, letakkan pot berisi tanaman rambat tak jauh dari susunan kawat di dinding. Arahkan tanaman rambat ke kawat supaya pertumbuhannya mengikuti pola kawat yang telah Anda pasang. Seiring berjalannya waktu, kawat di dinding rumah Anda akan dipenuhi tanaman rambat yang cantik dan asri.

Susun Tanaman dengan Konsep Anak Tangga

Susun Tanaman dengan Konsep Anak Tangga - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Ide DIY lainnya yang cocok untuk rumah mungil adalah menyusun tanaman indoor dengan konsep anak tangga. Anda tinggal memanfaatkan rak vertikal atau tangga bekas untuk meletakkan beberapa pot tanaman sekaligus. Konsep sederhana ini akan membuat tampilan tanaman terkesan berbeda karena lebih artistik.

Buat Kokedama Khas Jepang

Buat Kokedama Khas Jepang - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Kokedama berasal dari bahasa Jepang, koke berarti lumut dan dama berarti bola. Konsep kokedama mengharuskan Anda membuat bola dari campuran tanah yang akan menjadi tempat hidup tanaman berukuran kecil. Beberapa jenis tanaman yang cocok dikembangkan dengan konsep kokedama adalah aneka pakis, sukulen, begonia, dan sansivieria (lidah mertua). Bola-bola tanah yang dilapisi lumut kering akan menjadi sumber nutrisi bagi tanaman indoor Anda sehingga bisa tetap hidup tanpa pot atau wadah apa pun.

Jadikan Tanaman Sebagai Sekat Ruangan

Jadikan Tanaman Sebagai Sekat Ruangan - Rumah Makin Asri dan Estetis dengan Inspirasi DIY Tanaman Indoor ini, Cobain Yuk!

Satu lagi ide DIY membuat tanaman indoor yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menyiasati ruangan berukuran besar. Anda dapat memanfaatkan tanaman indoor sebagai sekat ruangan. Variasi sekat ruangan ini akan membuat interior terkesan unik dan jauh dari kesan sempit. Namun, Anda harus merawatnya secara rutin agar sekat ruangan ini tetap menarik dan bersih setiap saat.

Berkebun di rumah jadi lebih menyenangkan jika hasilnya sangat menarik dan efektif mempercantik interior rumah. Sekarang, Anda tinggal memilih ide DIY yang paling tepat untuk dekorasi tanaman indoor di rumah. Selamat berkreasi!

Sumber : Bramblefurniture.com