konsep rumah modern terpopuler

Mengenal perubahan konsep rumah modern terpopuler – Saat menjelajahi kota-kota besar di Indonesia, terutama di daerah kota tua, rumah kolonial menjadi ikon penting yang membahas sejarah dan warisan peninggalan Belanda. Sejarah, seni, desain dan arsitektur merupakan satu kesatuan dan tidak bisa terlepaskan.

Lalu saat pindah ke kawasan Tangerang, begitu banyak rumah modern dan rumah minimalis yang dijadikan gaya perumahan cluster. Beda lagi, jika kita beranjak ke kawasan Jakarta Utara, rumah bergaya keraton menjadi tipe rumah arsitektur yang digemari dan nampak seragam dengan pertokoannya.

Banyak sekali desain rumah yang ada di dunia ini, salah satunya adalah rumah yang sangat terkenal yaitu rumah minimalis. Rumah ini menggunakan konsep simple tapi mengesankan, tapi disamping itu masih banyak sekali rumah – rumah yang lebih menakjubkan. Mau tahu apa saja itu? yuk kenalan dengan desain rumah – rumah dibawah ini.

Desain rumah kontemporer

Desain rumah kontemporer adalah salah satu model rumah yang banyak dibangun dibanyak negara di seluruh dunia, secara prinsip gaya rumah kontemporer ini relatif agak agak mirip dengan gaya atau desain rumah minimalis. Tapi gaya kontemporer cenderung menggambarkan desain dan bentuknya yang modern, dan variatif. Dengan kata lain gaya kontemporer adalah gaya yang mengikuti perkembangan jaman, arsitektur modern kontemporer secara umum bisa dikenali melalui desainnya yang sederhana, praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih.

Rumah Minimalis yang Sudah Ada Sejak Tahun 1980

Ciri khas rumah minimalis menggunakan dak beton, mengambil bentuk dasar, membuat polos atau tanpa ornamen, dan menggunakan maksimal dua kombinasi bahan. Teorinya rumah minimalis menggunakan cat dinding berwarna monokrom. Menyoal sebutan minimalis sebenarnya lebih banyak dari paham aliran Zen dari Jepang.

Gaya Industrial

Salah satu gaya yang kian digemari dan menjadi tren adalah konsep industrial. Jika menerapkan konsep industrial, kamu bisa menggunakan banyak barang daur ulang yang harganya tentu lebih MURAH!

Konsep ini mengedepankan tampilan serta dekorasi yang terkesan rustic alias berkarat atau sudah usang.

Desain rumah modern

Tidak beda jauh dengan gaya rumah kontemporer, gaya rumah modern juga cenderung memiliki desain dan model yang hampir sama. Hanya saja model rumah modern ini secara umum memiliki bentuk rumah yang terlihat lebih kaku dengan bentuknya yang kotak, tapi terlihat mewah. Kebanyakan gaya rumah modern cenderung terbuka dan mengandalkan banyak pemasangan kaca dengan ukuran yang relatif lebih lebar.

Rumah Modern Tropis yang cocok untuk Indonesia

Negara Indonesia yang menjuntai di garis Khatulistiwa membuat negara kepulauan ini memiliki iklim tropis yang hangat. Berbeda dengan negara yang berada di utara atau selatan yang memiliki empat musim.

Negara dengan iklim tropis hanya memiliki dua musim utama yaitu penghujan dan kemarau.

Oleh karena itu, sejak zaman dahulu nenek moyang bangsa Indonesia bahkan sudah ada rumah-rumah tradisional yang cocok dengan lingkungan tropis tersebut. Iklim tropis memiliki beberapa karakter khusus seperti curah hujan yang lebat, suhu rata-rata sepanjang tahun yang hangat, dan kelembaban yang tinggi.

Hingga kini, rumah dengan desain tropis masih menjadi tren yang layak diaplikasikan di Indonesia. Ada sedikit salah kaprah yang menyebut desain tropis sama dengan rumah berdesain modern dan minimalis.