5 Manfaat Toples Kaca yang Terlupakan

Toples Kaca yang Terlupakan– Toples adalah salah satu benda yang pasti ada di dalam hunian. Ada berbagai macam jenis toples yang bisa dijadikan pilihan. Namun, jenis toples yang paling banyak digunakan adalah toples kaca. Biasanya toples kaca dimanfaatkan untuk menyimpan makanan. Material kaca mampu menjaga aroma dan keawetan sebuah makanan. Dari segi tampilan, toples kaca juga cantik dan memudahkan kita untuk melihat isi dalamnya.

Namun, sangat disayangkan saat ini banyak orang yang sering melupakan manfaat lain dari toples kaca selain untuk menyimpan makanan. Kira-kira apa saja manfaat toples kaca yang sering terlupakan itu? Intip jawabannya di bawah ini, yuk!

Toples kaca sebagai vas bunga

escolacuca 768x512 - Manfaat Toples Kaca yang Sering Terlupakan

Bentuk toples kaca membuatnya cocok untuk dimanfaatkan sebagai dekorasi vas bunga. Sebelum menaruh bunga ke dalamnya, isi toples kaca dengan air supaya bunga tetap segar. Jika ingin membuatnya dengan tampilan yang lebih menarik, coba gunakan gel air warna-warni yang fungsinya sama seperti air biasa. Tak hanya bunga asli saja, kamu juga bisa memajang bunga artifisial ke dalam toples kaca. Jangan lupa tambahkan bebatuan atau batu kristal agar terlihat lebih hidup, ya!

Jika merasa bosan dengan tampilan vas bunga yang polos, kamu bisa memiliki vas bunga dari toples kaca yang lebih berkesan dan menggemaskan, lho! Siapkan lem serta pita atau renda. Kemudian lilitkan di sekitar mulut toples kaca. Vas bunga ini cocok untuk menghiasi meja ruang tamu, bahkan digantung di dekat pintu masuk rumahmu.

Baca juga: Menata Interior Rumah dengan 5 Gaya Skandinavian

Hadirkan terarrium di dalam toples kaca

makemesomesoap 768x512 - Manfaat Toples Kaca yang Sering Terlupakan

Pernah mendengar istilah terarrium? Terarrium ini merupakan seni bercocok tanam di dalam wadah kaca berukuran kecil hingga sedang. Melihat kualifikasinya, toples kaca juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah terarrium. Dengan menggunakan toples kaca yang ada di rumahmu, kamu tidak perlu membeli wadah baru lagi untuk terarrium.

Kehadiran terarrium merupakan alternatif bagi kamu yang ingin memiliki taman, tapi lahan hunian terbatas. Bahan-bahan yang perlu disediakan adalah tanah atau media tanam lainnya sesuai kebutuhan, serta tanaman berukuran mungil. Jangan lupa untuk tetap merawat terarrium secara rutin supaya semakin subur, ya!

Toples kaca sebagai tempat lilin

earth911 768x512 - Manfaat Toples Kaca yang Sering Terlupakan

Rasanya sangat menyebalkan saat lilin terus padam akibat tertiup angin sehingga kamu harus menyalakannya kembali. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan toples kaca sebagai tempat lilin. Toples kaca ini merupakan pilihan yang sangat tepat karena bahannya tidak akan meleleh karena panas api.

Cahaya lilin dapat berpendar dengan cantik menembus toples kaca. Keamanannya pun juga terjamin karena lelehan lilin yang jatuh hanya akan mengenai permukaan kaca, tidak langsung menyebar ke benda lain di sekitarnya. Saat dimanfaatkan sebagai tempat lilin, pastikan ukuran toples kaca lebih tinggi daripada lilin yang kamu gunakan dan biarkan toples kaca terbuka agar apinya tidak mudah padam.

Membuat pudding in jar dengan toples kaca

asweetspoonful 768x547 - Manfaat Toples Kaca yang Sering Terlupakan

Siapa bilang toples kaca hanya untuk makanan kering saja? Toples kaca juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pudding, lho! Tren camilan yang satu ini dikenal dengan istilah pudding in jar. Toples kaca yang digunakan adalah model toples kaca mason.

Adonan pudding yang baru mendidih bisa langsung dituangkan ke dalam toples kaca mungil ini. Dengan kacanya yang bening, berkreasilah dengan adonan warna-warni dan bahan makanan penghias lainnya. Selain pudding, toples kaca seperti ini juga cocok digunakan sebagai wadah kue, minuman, atau campuran granola dan yogurt ala kafe.

Toples kaca sebagai celengan

youtube 768x432 - Manfaat Toples Kaca yang Sering Terlupakan

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Daripada membeli celengan baru, manfaatkan saja toples kaca yang ada dirumahmu sebagai celengan. Celengan toples kaca yang terlihat kosong akan memotivasimu untuk lekas memenuhinya. Akan tetapi, untuk kamu yang sering tergoda saat melihat banyaknya uang di dalam celenganmu, sebaiknya lapisi permukaan kaca dengan cat warna kesukaanmu. Jika perlu, lem bagian tutup supaya tidak mudah dibongkar. Hal yang terpenting, jangan lupa lubangi tutup toples kaca menggunakan pisau untuk memasukkan uang, ya!

Sumber: Dekoruma.com