7 Inspirasi Desain Rumah Bambu Bernuansa Alami

Desain Rumah Bambu Alami – Mau mendirikan rumah yang kental akan unsur alami sekaligus terlihat artistik? Meningkatnya suhu global yang membuat udara semakin panas sering membuat kita rindu akan suasana alam yang teduh. Untuk menghadirkan suasana teduh ke kehidupan sehari-hari, Anda bisa mencoba desain rumah bambu.

Sayangnya, saat ini kehadiran rumah dari bahan alami dan tradisional ini sudah mulai jarang kita temui. Padahal rumah ini tidak hanya unggul secara visual, tetapi juga memiliki kelebihan dibanding material rumah lain.

Bambu unggul dari segi kekuatan, layaknya rumah dari baja. Seratnya yang elastis mampu menahan beban tarik, tekan, geser, dan tekuk dengan sempurna. Nah sebelum membangun, yuk cari inspirasi desain rumah bambu berikut ini.

1. Rumah yang Didirikan dalam Waktu Empat Jam

rumah bambu CUBO house - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Cuma empat jam bisa bangun rumah? Seorang pemuda asal Filipina, Earl Patrick Forlales, merancang rumah bambu modular yang bisa didirikan hanya dalam waktu empat jam. Rumah dari bambu ini disebut dengan CUBO. Rumah ini didesain untuk mengubah sampah di masyarakat menjadi energi dan sumber daya bernilai tinggi. Keren banget ya?

Bilah dan panel bambu dirancang secara modular sehingga dapat dibangun dalam waktu singkat. Selain itu, rumah ini juga dilengkapi dengan atap miring yang mampu menahan air hujan. Proses pembuatannya sendiri membutuhkan waktu hingga satu minggu. Tak hanya di Filipina, Anda juga bisa membangunnya di Indonesia. CUBO dapat dibangun di mana bambu dapat ditemukan dengan mudah, khususnya kawasan Asia Tenggara.

2. Rumah Berkesan Vintage

 

rumah vintage - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Kesan yang hangat dan nyaman dari rumah bergaya vintage juga bisa Anda hadirkan dari bambu. Dengan desain rumah ala abad pertengahan, rumah ini masih bisa menonjolkan keceriaan lewat furniture atau detail dekorasinya yang berwarna terang. Anda juga bisa membuat ruangan pada atap yang dapat dimanfaatkan sebagai kamar dan tempat bermain untuk anak. Tambahkan juga beberapa furniture seperti kursi yang menggunakan bambu. Dengan begitu, nuansa tradisional dan alami akan lebih terasa pada rumah.

3. Rumah Dua Lantai

Rumah Dua Lantai - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Biasanya, rumah dari bahan bambu dibuat berukuran kecil, hanya dengan beberapa ruangan saja. Jangan salah, tak hanya minimalis, Anda juga bisa membuat rumah dari bahan alami ini yang menjelma menjadi rumah dua tingkat. Rumah dua lantai ini cocok untuk dihuni sebuah keluarga besar. Nah, agar rumah bisa semakin kokoh, maka Anda harus memilih bambu dengan umur dan kualitas yang sangat baik. Pilihlah bambu berumur sekitar empat atau lima tahun, kemudian rendamlah bambu sebelum dibentuk supaya ia tak mudah diserang oleh rayap.

Bentuknya yang besar juga tentu membutuhkan proses pembuatan serta perawatan dengan ketelitian yang lebih, dibandingkan rumah dengan ukuran lebih kecil. Jangan pernah gunakan paku besi untuk menyatukan bilah-bilah bambu karena paku besi akan membuat bambu mudah retak. Sebaiknya gunakan paku pasak yaitu paku yang memang terbuat dari bahan bambu. Agar rumah bisa terasa lebih sejuk dan alami, gunakanlah rumput alang-alang sebagai atap. Tak hanya indah dilihat, rumah ini juga tahan terhadap gempa lho.

4. Rumah Modern

Rumah Modern - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Walaupun menggunakan material yang terbilang tradisional, rumah dari bahan bambu juga bisa terlihat modern. Dengan bilah bambu yang dibentuk mendatar dan lebih rapat, membuat rumah bambu ini tampak lebih modern namun tetap segar dipandang mata. Kesan kuno juga tak lagi terlihat karena tidak ada tali sabut kelapa yang kerap digunakan untuk mengikat bambu. Jika Anda ingin meniru konsep ini, pastikan cat yang digunakan memang diperuntukkan untuk mewarnai bambu atau kayu agar tak mudah mengelupas dan menurunkan kualitas bambu.

Baca juga : Desain Rumah Gaya Nautical, Suasana Rumah Yang Santai Dan Menenangkan!

5. Suasana Hangat dengan Lighting

Suasana Hangat dengan Lighting - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Fungsi rumah tentu saja untuk memberikan kesan hangat dan nyaman bagi penghuninya. Material bambu sangat tepat digunakan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Salah satu inspirasi rumah dari bambu ini sangat hangat meski dilihat dari luar. Lampu-lampu dengan cahaya kuning menambah kehangatan di rumah ini.

6. Cantik dengan Warna Netral

Cantik dengan Warna Netral - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Siapa bilang bambu akan memberikan kesan kelam karena warnanya yang gelap? Bambu juga bisa tampil manis dan cantik dengan perpaduan warna-warna pastel. Tambahkan alas duduk atau cushion berwarna merah muda atau biru untuk kursi dari bahan bambu.

7. Rumah Simetris

Rumah Simetris - Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Rumah dengan bentuk yang simetris biasanya dapat kita temui pada rumah-rumah di Eropa. Walaupun terlihat kaku, rumah simetris bisa menghadirkan aura yang anggun dan berkelas. Anda juga bisa menghadirkan rumah berbentuk simetris ini menggunakan bambu. Susun bambu secara datar dan simetris untuk memberikan nuansa yang lebih modern pada rumah.

Nah, yang mana nih yang paling menarik? Desain rumah bambu ternyata bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari tahan gempa, membuat suasana lebih sejuk, hingga anggaran yang lebih terjangkau.

Sumber : Bramblefurniture.com