Jenis Peperomia yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Jenis Peperomia yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan, – Kamu suka mendekorasi ruangan dengan tanaman hias? Peperomia bisa kamu lirik sebagai alternatif tanaman hias di dalam ruanganmu. Dikutip dari Leafy Place, peperomia disebut sebagai tanaman radiator, yakni tanaman hias yang tumbuh subur.

Peperomia juga mudah untuk di rawat. Kamu cukup menyiramnya beberapa kali dalam seminggu, jika terlalu lembap maka akarnya akan busuk. Ukurannya sekitar 15-30cm dan jenisnya juga beragam.

Dekorasi gaya minimalis memang menjadi tren tersendiri untuk desain rumah di Indonesia. Tren ini mulai muncul setidaknya beberapa tahun terakhir. Bahkan hingga saat ini gaya minimalis masih menjadi favorit sebagian masyarakat untuk membangun hunian sederhana nan cantik.

Dalam dekorasi rumah gaya minimalis, biasanya lebih mengutamakan barang-barang atau perabotan rumah yang penting dan menghilangkan perabotan yang tidak terlalu penting. Hal ini juga disesuaikan dengan ukuran rumah yang umumnya kecil dan sederhana. Walaupun serba minimalis, hunian dengan gaya ini menjadi terlihat cantik dengan berbagai dekorasi yang ditambahkan ke dalam ruangan.

Belly button peperomia

Mengukutip dari http://armyants.org/, belly button peperomia memiliki daun kecil berwarna hijau tua dan beberapa diantara kombinasi dengan merah. Akan muncul bulu seperti beludru pada daunnya ketika sudah dewasa. Enggak cuma penampilannya yang bisa mempercantik ruanganmu, tapi perawatannya juga mudah.

Belly button peperomia cocok di tempat yang cukup lembap. Tapi jangan terlalu banyak menyiramnya dengan air. Pastikan mendapatkan sinar matahari tidak langsung setiap harinya.

Columbian peperomia

Peperomia jenis ini memiliki nama botani Peperomia metallica var. columbiana, sesuai dengan namanya, terdapat garis perak metalik di tengahnya. warna daunnya hijau tua kehitaman dan merah anggur hingga merah tua. Ukurannya yang cukup kecil dan warna daunnya yang enggak biasa, cocok dijadikan tanaman terarium.

Ripple peperomia

Ripple peperomia memiliki daun keriput yang dapat tumbuh antara 6-8 inci. Warna yang paling umum dari jenis ini yakni hijau tua (emerald ripple peperomia) dan merah keunguan (red ripple peperomia). Selain cocok untuk menjadi tanaman indoor, tapi juga bisa di tanam di halaman rumah dengan syarat cukup teduh dan penyiraman sedang.

Watermelon peperomia

Sekilas bentuk daunnya menyerupai red ripple peperomia, tapi tidak berkerut dan memiliki corak seperti kulit semangka. Dikutip dari House Plants Expert, peperomia jenis ini dapat tumbuh sekitar 6-12 inci dan daunnya lebih besar dibanding jenis-jenis sebelumnya. Selain itu, lebih menarik jika diletakkan berdekatan dengan tanaman lain yang memiliki perawatan serupa.

Peperomia prostrata

Berbeda dari beberapa jenis sebelumnya, peperomia prostrata ini berdaun kecil dan bulat. Warnanya hijau tua hingga ungu dengan pola garis putih. Peperomia jenis ini bisa kamu jadikan tanaman gantung di dalam ruangan, teras atau balkon rumah. Tapi pastikan tidak menyiramnya secara berlebihan.