Prinsip Desain Rumah Minimalis dengan Sentuhan Gaya Jepang

Dekorasi Rumah – Rumah jepang terkenal akan prinsip desainnya yang menekankan pada kesan simpel dan ketenangan. Ciri khas ini seusai dengan filosofi Zen pada kehidupan Jepang yang bertujuan untuk membawa fokus dan damai kedalam interior modern.

Rumah Jepang dengan desain modern sangat mengutamakan kehidupan yang bersih, sederhana, bebas dari kekacauan, mempertahankan keseimbangan, serta dekat dengan alam.

Walaupun aplikasi s128 mobile sudah menggunakan konsep modern, rumah jepang tetap tidak pernah lepas dari unsur tradisionalnya. Tak heran, konsep rumah Jepang pun sukses menebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia. Mau tahu keunikamn desain rumah Jepang? Simak Ciri dan inspirasinya ini.

1. Adanya Elemen Wabi Sabi

rumah modern jepang wabi sabi - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Pernah mendengar isitilah filosofi wabi sabi dari Jepang? Sempurna dan bahagia walau dalam ketidaksempurnaan merupakan makna dari istilah tersebut. Filosofi hidup dari Jepang ini memang sudah umum diketahui. Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, prinsip ini pun turut tercermin dalam bentuk dan konsep bangunan.

Rumah ala Jepang terkenal akan kesederhanaannya. Walaupun sederhana dan terkesan minimalis, rumah Jepang tetap bisa membuat penghuninya nyaman dan terasa homey. Rumah Jepang cenderung mengembalikan konsep kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari pada bentuk bangunan yang nyaman.

2. Area Genkan yang Dipertahankan

area genkan rumah jepang - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Ini dia salah satu ciri khas yang harus ada pada rumah Jepang. Tak mengenal tipe bangunan, di dalam apartemen sekalipun pasti area genkan tetap dipertahankan.  Genkan merupakan area transisi antara bagian luar dan dalam rumah. Area ini digunakan untuk menerima pengunjung dan tempat mengganti sepatu dengan sandal rumah yang dilepas sebelum menginjak lantai tatami.

Dengan fungsi genkan yang menyerupai foyer, genkan  biasanya dilengkapi juga dengan rak atau kabinet yang disebut dengan getabako untuk menyimpan sepatu atau benda dekoratif lainnya.

Baca juga : 7 Ciri Desain Interior Kekinian ala Korea, Untuk Gaya Rumah Modern

3. Beratap Lebar

rumah modern jepang atap lebar - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Konstruksi atap pada rumah Jepang juga sangat diperhatikan dengan baik. Atap rumah pada umumnya dirancang untuk mengalirkan derasnya air hujan dari atap rumah. Bentuk atap yang dibuat luas dengan kantilever yang lebar memungkinkan penghuni rumah membuka pintu dengan tetap mencegah air hujan masuk ke dalam rumah.

4. Berandanya Luas

rumah modern jepang beranda - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Karakteristik lain dari rumah Jepang adalah keberadaan beranda yang berukuran besar. Selain berfungsi untuk menghubungkan setiap ruang, beranda yang biasanya berupa lorong lebar dan panjang menjadi pembatas ruang dalam dan luar. Beranda juga menjadi tempat untuk bersantai menikmati udara segar. Keberadaan beranda juga membuat rumah lebih sejuk karena berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara dan cahaya masuk ke dalam rumah.

Inspirasi Dekorasi Rumah ala Rumah di Jepang

5. Kental akan Unsur Alam

Kental akan unsur alam - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Budaya Jepang sangat menonjolkan kecintaan dan penghargaan terhadap alam. Maka dari itu, unsur di dalam rumah juga sangat kental akan alam. Mulai dari furniture dan material bangunan yang menggunakan bahan dari alam seperti kayu atau bambu, hingga memasukkan unsur tanaman dan air ke dalam rumah. Air merupakan salah satu elemen paling kuat yang menonjolkan ciri khas arsitektur rumah Jepang. Anda juga bisa menambahkan kolam ikan pada rumah.

Unsur alam pada rumah Jepang juga bisa dicapai dengan menambahkan jendela besar dan luas yang memungkinkan pemandangan alam dari luar masuk ke dalam rumah

6. Menggunakan Tangga Tansu

Tangga tansu - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Rumah di wilayah perkotaan Jepang biasanya memiliki luas yang sangat terbatas. Untuk memaksimalkan luas ini, konsep rumah Jepang hadir dalam bentuk tangga tansu.

Tansu merupakan tangga sekaligus kabinet yang dapat dipindah dengan mudah sesuai kebutuhan penghuninya. Tangga tansu juga cukup fleksibel untuk digunakan pada berbagai jenis hunian, baik itu rumah konvensional ataupun hunian modern berupa apartemen.

Dekorasi Rumah Jepang

Biasanya tansu memiliki palet warna minimalis yang cantik dan mudah digabungkan dengan berbagai furniture lainnya di dalam rumah.

7. Berkonsep Ruangan Terbuka Engawa

Ruang terbuka engawa - Inspirasi Dekorasi Rumah Modern Jepang ini, Memberikan Kesan Nyaman & Menyenangkan

Gaya rumah jepang sangat ideal untuk diterapkan pada berbagai bentuk rumah, baik itu rumah dengan skala besar maupun mungil. Salah satu unsur yang sangat terlihat pada rumah modern ala Jepang adalah dengan meminimalisir dinding atau sekat dalam ruangan (indoor) dengan luar ruangan (outdoor). Selain membuat ruangan lebih luas, cara ini juga bisa memaksimalkan pencahayaan alami masuk kedalam ruangan. Rumah pun akan terasa terang, luas, dan juga lebih nyaman.

Tertarik untuk membuat rumah modern Jepang? Rumah ala Jepang ini juga cocok lho diterapkan pada rumah di Indonesia.

Sumber : bramblefurniture.com