Desain Kamar anak Hiperaktif, Rancangan Kamar Tidur untuk Anak Special

Desain Kamar  – Seorang anak pengidap autis, umumnya mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi. Walaupun memiliki kesulitan berkomunikasi, beberapa dari anak-anak unik ini juga memiliki banyak sekali energi. Kemudian, anak-anak ini dikenal sebagai anak yang hiperaktif.

Secara psikologis, hiperaktif merupakan gangguan tingkah laku yang tidak normal yang disebabkan disfungsi neurologia. Gejala utama gangguan ini adalah tidak mampu memusatkan perhatian.

Memiliki anak yang sangat super aktif memang memerlukan kebutuhan khusus. Kamar merupakan ruang di mana sang anak banyak melakukan kegiatan favoritnya di tempat tersebut. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda harus benar-benar dapat memerhatikan rancangan desain kamar bagi anak autis maupun anak yang hiperaktif.

Baca Juga : Desain Interior Rumah Kekinian, Kaya Detail danTekstur

  • Furnitur

desain kamar anak hiperaktif1 570x380 - Desain Kamar anak Hiperaktif, Rancangan Kamar Tidur untuk Anak Special

Penggunaan furnitur merupakan hal yang harus benar-benar di perhatikan saat mendesain kamar anak-anak dengan kebutuhan khusus. Pilihlah furniture yang berat dan besar. Hal ini diharapkan mampu mengurangi keaktifan anak. Selain itu, Hindari penempatan aksesori di ketinggian.

Sebaiknya, letakkan rak, meja dan lemari di lantai atau buatlah menempel erat pada dinding. Jangan lupa untuk gunakan kain pengaman pada semua laci, pintu dankemari. hindari penggunaan furnitur yang memiliki kenop kabiner dan laxu yang terlalu kecil atau bahkan terlalu besar.

  • Cat Dinding

desain kamar anak hiperaktif2 570x380 - Desain Kamar anak Hiperaktif, Rancangan Kamar Tidur untuk Anak Special

Dalam banyak kasus, banyak dijumpai anak hiperaktif yang sulit ditenangkan oleh orangtua mereka. Karena itu, sangat penting untuk memilih warna cat dinding yang dapat memberikan ketenangan pada kamar anak-anak spesial ini.

Desain Kamar anak Hiperaktif

Agar anak merasa nyaman dan juga tenang saat berada di dalam kamarnya, Anda bisa gunakan warna cat dinding dengan warna yang lembut. Anda bisa menggunakan warna netral dan lembut seperti putih, abu-abu dan warna-warna lembut atau pastel. Tidak ada salahnya juga menanyakan apa warna favorit buah hati Anda untuk kamar mereka.

Elektrikal

desain kamar anak hiperaktif3 - Desain Kamar anak Hiperaktif, Rancangan Kamar Tidur untuk Anak Special

Perhatikan keamanan alat-alat kelistrikan seperti lampu, colokan listrik dan charger. Tempatkan alat-alat tersebut agar jauh dari jangkauan si kecil. Jangan sampai alat-alat elektronik ini berada di dekat area bermain, apalagi tanpa pengawasan saat mereka memainkannya.

Tempat Berlatih

desain kamar anak hiperaktif4 570x380 - Desain Kamar anak Hiperaktif, Rancangan Kamar Tidur untuk Anak Special

Selain sebagai tempat beristirahat, kamar anak-anak hiperaktif juga diharapkan menjadi ruang untuk perkembangan sikecil. Kamar anak-anak hiperaktif haruslah dirancang dengan fungsional, menjadi tempat laihan mereka.

Terapkan batasan-batasan pada anak untuk tidak memegang beberapa barang mengunakan isyarat visual, seperti penggunaan pita merah. Buatlah sudut-sudut menarik dan nyaman yang menajadi Favorit anak. Anda bisa meletakkan bean bag, selimut, bantal atau boneka binatang. Tambahkan beberapa alat-alat terapi sensorik sepeerti bola, mini trampolin dll.

Sensitifitas

desain kamar anak hiperaktif5 570x380 - Desain Kamar anak Hiperaktif, Rancangan Kamar Tidur untuk Anak Special

Pada umumnya anak-anak hiperaktif kerap kesulitan tidur. Hal itu disebabkan karena mereka sangat sensitif terhadap rangsangan luar. Seperti bunyi dan cahaya yang teralalu terang, atau suara-suara dari luar yang terdengar hingga ke kamar.

Untuk mengatasi dan membantu mencegah masalah ini Anda bisa menggunakan karpet. Karpet dapat meminimalisir suara langkah kaki, sehingga mmebuat kamar terasa lebih tenang. Pastikan juga pintu tidak mengeluarkan suara berderit ketika dibuka.

Sebagai pelindung dari cahaya luar, gunakan tirau sederhana yang tanpa menggunakan tali, terakhir hindari peletakkan meja atau kursi di area dekat jendela.

Sumber : Interiordesign.id

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *