7 Desain Rumah Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Bangunan Unik – Ke mana pun kita pergi pasti selalu kangen rumah. Rumah selalu menjadi tempat ternyaman dan istana bagi pemiliknya. Maka dari itu, semua pemilik rumah pasti membuat rumah yang sesuai dengan kriteria serta mampu menunjukkan karakteristiknya. Bahkan tak sedikit juga yang berani membangun rumah dengan desain yang unik dan tak biasa di dunia ini, berbeda dengan bentuk rumah pada umumnya.

Selain terkenal akan keunikannya, desain rumah unik ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang lho. Apakah Anda ingin membuat rumah unik Anda sendiri? Coba lihat dulu yuk beberapa inspirasi gaya rumah unik dan tidak biasa yang tersebar di seluruh dunia berikut ini.

1. Rumah Tersempit

rumah unik di dunia tersempit - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Yang terletak di Warsawa ini diyakini sebagai rumah tersempit dan paling mepet di dunia, karena terletak di antara dua gedung besar yang membuat rumah ini seakan terhimpit. Rumah yang disebut sebagai Keret House Jakub Szczesny ini hanya memiliki luas 152 cm saja. Kebayang kan sempitnya?

Walaupun menjadi rumah tersempit di dunia, bukan berarti rumah ini tidak nyaman untuk ditempati lho. Rumah ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sama dengan rumah lainnya, seperti kamar tidur, dapur, ruang bersantai, dan kamar mandi. Namun, untuk mencapai tiap ruangannya, Anda harus memanjat menggunakan tangga.

2. Rumah Transparan

rumah unik di dunia transparan - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Apa rasanya ya memiliki rumah transparan yang tidak bisa memberikan privasi bagi pemiliknya? Apakah nyaman berada di dalamnya? Rumah transparan atau tembus pandang di Jepang ini akan membuat Anda tercengang. Hunian di Tokyo, Jepang ini memiliki luas keseluruhan sekitar 85 meter persegi dan sengaja dibuat tembus pandang. Penggagas dari rumah unik ini adalah seorang arsitek asal Jepang bernama Sou Fujimoto.

Rumah transparan ini memang didesain agar cahaya matahari mudah masuk dan sirkulasi udara selalu terjaga dengan baik. Desainnya memungkinkan orang luar untuk melihat dengan jelas dekorasi yang diletakkan di dalam rumah serta aktivitas penghuni dari luar. Untuk beberapa bagian yang membutuhkan privasi dipasangi tirai atau gorden.

Baca juga: 5 Konsep Desain Interior, Gaya Interior yang Menggambarkan Diri Anda

3. Rumah Setengah

rumah unik di dunia half house - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Pada tahun 50-an, pengembang membeli sebagian besar unit rumah yang berada di Saint Patrick Street, Toronto. Namun, salah satu pemilik rumah yang berada di jalan tersebut menolak untuk menjual rumahnya kepada pengembang. Akhirnya pengembang pun terpaksa memangkas rumah bergaya Victoria ini menjadi setengahnya. Rumah unik ini masih dimiliki oleh seseorang, namun dibiarkan kosong dan tidak ditempati. Hingga saat ini, rumah unik ini masih menjadi perbincangan banyak orang dan sering dijadikan lelucon oleh masyarakat setempat.

4. Rumah Piano dan Biola

rumah unik di dunia piano dan biola scaled - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Suka musik? Yang satu ini bisa jadi inspirasi Anda. Rumah unik berbentuk piano dan biola raksasa ini terletak di kota Huainan, Tiongkok. Rumah yang kental akan unsur musik ini disangga oleh 3 kaki beton dan memiliki teras di bagian atapya. Dinding-dindingnya terbuat dari kaca sehingga menambah kesan cantik dan modern pada rumah unik ini. Bahan bangunannya yang terbuat dari kaca juga mampu memantulkan pemandangan pepohonan yang ada di sekitarnya. Biola kaca di rumah ini menjadi pintu masuk utama bangunan.

5. Rumah Terkecil

Rumah terkecil scaled - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Penasaran apa rasanya tinggal di rumah terkecil di dunia? Sebuah rumah dengan luas 1 meter persegi ini diakui sebagai rumah terkecil. Rumah karya arsitek Van Bo Le-Mentzal ini cukup ringan karena ukurannya yang sangat kecil sehingga bisa dibawa-bawa ke mana-mana. Rumah ini bisa dijadikan sebagai ruang untuk duduk sekaligus berbaring jika penghuni memiringkan rumahnya. Sesuai dengan ukurannya, rumah ini juga memiliki julukan ‘One-Sqm-House’. Rumah mungil ini hanya memiliki satu pintu, jendela, dan kursi. Kecil banget jkan?

6. Rumah Toilet

Rumah toilet - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Kira-kira siapa sih yang ingin tinggal di rumah yang berbentuk seperti toilet? Jangan salah, rumah unik yang terletak di kota Suwon, Korea Selatan ini memiliki bentuk yang mirip dengan toilet duduk. Rumah unik berukuran 419 meter persegi ini terdiri dari 2 lantai dan mempunyai 2 kamar tidur, 2 ruang tamu dan beberapa ruang lainnya. Penggagas rumah unik berbentuk toilet ini merupakan mantan wali kota Suwon, Sim Jae-Duck. Kini, rumah unik ini dialihfungsikan menjadi museum.

7. Rumah Terbalik

Rumah terbalik scaled - Desain Bangunan Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Yang satu ini didesain terbalik hingga 180 derajat. Rumah unik ini dibangun oleh arsitek dari Polandia bernama Daniel Czapiewski. Pada masa itu, pembangunan rumah unik ini bertujuan sebagai ungkapan terhadap berakhirnya era komunis di Polandia. Pembangunan rumah ini juga sekaligus menggambarkan ketidakstabilan kehidupan sosial yang terjadi saat masa-masa komunis berlangsung. Ternyata dalam juga ya filosofinya?

Pembuatan rumah unik ini memakan waktu yang lebih lama hingga empat kali lipat dibandingkan rumah biasa. Pekerjanya mengaku merasakan pusing dan disorientasi arah saat melakukan konstruksi rumah.

Rumah mana yang menurut Anda paling unik? Rumah unik di dunia ini dibuat dengan alasan dan filosofi tertentu. Apa filosofi Anda untuk rumah pribadi Anda?

Sumber: Bramblefurniture.com