Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Desain Maroko – Maroko merupakan salah satu negara yang terkenal akan arsitekturnya yang eksotis. Negara Maroko sendiri terletak di ujung benua Afrika dan berbatasan langsung dengan negara Eropa, seperti Portugis dan Spanyol. Akibat faktor geografis dan s128 deposit via pulsa banyaknya negara yang pernah menjajah negara ini, membuat arsitektur Maroko memiliki keunikan yang berbeda dibandingkan arsitektur lainnya.

Sebagai negara Islam, keseluruhan gaya arsitektur Maroko juga banyak terpengaruh dari agama Islam. Mau tahu seperti apa ciri khas dan keunikan dari arsitektur Maroko? Yuk, lihat di bawah ini.

1. Penggunaan Zallij

Penggunaan Zallij di arsitektur maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Gaya arsitektur Maroko sangat dipengaruhi oleh budaya Islam. Pengaruh ini membuat gaya desain Maroko memiliki ciri khas hanya menerapkan motif bunga, tumbuhan serta pola geometris pada bangunan atau rumah-rumahnya. Zallij atau keramik mosaik dengan warna-warna cerah khas Maroko kerap digunakan pada interior ruangan dan eksterior. Pola ini juga kerap diterapkan pada permukaan meja atau jendela. Selain itu, ornamen ukiran juga bisa kita temui pada rumah bergaya Maroko.

2. Dinding yang Terbuat dari Tanah

Dinding yang terbuat dari tanah di arsitektur maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Dinding pada bangunan asli Maroko terbuat dari tanah yang dicetak dan dijemur di bawah matahari hingga kering. Setelah dinding dari tanah ini kering, nantinya dinding tersebut akan mengeluarkan warna cokelat, abu-abu, hijau, oranye, putih, biru, dan juga sedikit merah. Semua pewarnaannya pun dibuat secara alami dari pohon dan batu yang berada di alam Maroko.

Maka dari itu, arsitektur Maroko kerap terlihat polos di bagian eksteriornya, tetapi ketika masuk ke dalam terasa penuh dengan permainan motif geometris serta warna yang menarik.

Baca juga: Peralatan Ini Bikin Momen Di Rumah Aja Makin Seru dan Antibosan

3. Warna yang Khas

Warna Khas Interior Maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Gaya Maroko biasa menggunakan warna-warna bold, terang, atau juga lembut. Salah satu warna yang selalu digunakan adalah terakota. Warna ini mampu memberikan kesan hangat dan menciptakan suasana yang menggoda pada bangunan. Tak jarang, dalam satu ruangan dipadukan berbagai warna mencolok sekaligus agar terlihat kontras. Ditambah dengan perpaduan motif yang ramai, membuat gaya interior Maroko terkesan ceria dan cerah.

4. Pentingnya Riad

pentingnya riad di arsitektur maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Ini dia bagian penting dan sangat khas di rumah bergaya Maroko, yaitu Riad. Riad merupakan area terbuka yang letaknya berada di bagian tengah bangunan. Bagian ini menjadi jantung dari rumah. Riad adalah oasis yang menyejukkan di tengah panasnya cuaca. Umumnya berisi tanaman yang lebat, dipadukan dengan kolam atau air mancur yang dapat membuat ruangan terlihat lebih segar dan membuat rumah lebih teduh.

Riad dapat Anda aplikasikan pada interior yang benar-benar tertutup. Jadikan riad sebagai pusat orientasi hunian dari ruangan yang berada di sekitarnya.

5. Adanya Mashrabiya

Jendela Mashrabiya Ala Maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Mashrabiya merupakan sebuah ukiran dengan gaya Islam yang dibuat dengan cara diukir pada partisi kayu besar dengan pola geometris yang rumit. Menurut budaya Islam, mashrabiya digunakan untuk tujuan menyembunyikan wanita dari para pengunjung pria yang ingin mengintip ke dalam rumah.

6. Gaya Lampu yang Khas

lampu khas maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Hal yang pasti akan Anda temukan pada arsitektur Maroko adalah lampu-lampunya yang khas. Lampu khas Maroko mempunyai penutup yang terbuat dari besi, kaca, atau manik-manik yang membuat cahaya lampu terasa lebih lembut dan redup. Pencahayaan yang minimal ini mampu membuat suasana ruangan terkesan lebih misterius dan hangat.

7. Furnitur Bergaya Arab

furniture bergaya arab - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Furniture yang digunakan pada arsitektur ini banyak sekali mengadopasi gaya Arab. Salah satu contohnya adalah meja yang dibuat rendah. Cara menggunakan meja ini adalah dengan duduk bersila di lantai, bukan di kursi atau sofa, dan biasanya menggunakan bantal bermotif sebagai alas. Meja ini sangat cocok digunakan pada ruang keluarga untuk membuat suasana semakin hangat dan homey.

8. Bentuk Arsitektur yang Runcing

Bentuk Arsitektur Runcing Maroko - Ciri Gaya Desain Arsitektur Maroko yang Eksotis

Bentuk arsitektur yang melengkung runcing selalu digunakan dalam hampir seluruh aspek arsitektur Maroko. Desain interior pintu yang digunakan pun biasanya berukuran besar dan sangat dekoratif. Pintu biasanya dilengkapi dengan ukiran khas dan warna-warna yang cerah.

Tiap bangunan tradisional yang ada di Maroko mempunyai ciri khas tersendiri. Misalnya pada masjid, souq (pasar tertutup), madersa (sekolah yang mengajarkan ilmu agama), dan sebagainya. Semua arsitektur Maroko ini selalu mampu menonjolkan keunikan dan keindahannya secara sempurna yang akan membuat siapa saja yang melihatnya merasa kagum.

Sumber: Bramblefurnitur.com