Baju favorit jadi inspirasi

Cara membuat baju favorit anda menjadi lebih keren – Warna-warna cerah dan motif unik dari kreasi tie dye memang menarik untuk dipandang. Apalagi kalau dibikin jadi salah bagian dari koleksi fashion item kamu. Gak perlu beli, kami akan kasih tahu cara membuat tie dye praktis untuk gaya OOTD kamu berikutnya. Dicek yuk!

Dengan menjamurnya tren desain outfit kekinian, kamu bisa menemukan banyak referensi model, dan gaya desain fashion bermacam rupa. Dari banyaknya pilihan art yang ada, tie dye menjadi salah satu yang cukup populer. Dengan pola dan cara pembuatan yang khas, pakaian hasil tie dye memang dapat mencuri perhatian orang.

Dasar Pembuatan Tie Dye

Tie dye adalah teknik pewarnaan pakaian yang ditemukan pertama kali di Amerika pada pertengahan tahun 1960-an. Proses pewarnaan yang juga disebut teknik ikat celup ini dilakukan dengan menggunakan pewarna khusus yang disebut dye. Cara membuat tie dye pun terbilang mudah karena tidak membutuhkan perlengkapan khusus yang ribet. Kamu bisa dengan mudah menemukan alat-alat untuk membuat tie dye di toko-toko terdekat.

Dalam pembuatannya, ada banyak teknik berbeda yang dapat kamu coba untuk menghasilkan variasi pola dan motif pada pakaian. Mulai dari pola spiral, galaksi, emoji, mandala, garis, dan masih banyak lagi.

Alat dan Bahan:

1.) Kaos Putih
2.) Karet Gelang
3.) Pewarna Pakaian (Biru, Kuning, Hijau, Hitam dll)
4.) Trash Bag
5.) Sarung tangan
6.) Jaring-jaring

Cara Membuat:

1.) Siapkan trash bag dan letakkan sebagai alas
2.) Letakkan kaos putih di atas trash bag
3.) Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk mengapit sedikit bagian tengah kaos, lalu tahan dan putar ke arah kanan hingga membentuk seperti pusaran
4.) Setelah kaos sudah berubah bentuk menjadi seperti pusaran, ambil 3 karet gelang dan ikat dari atas ke bawah, kanan ke kiri dan satu posisi karet yang menyerong hingga membentuk juring lingkaran
5.) Setelah urusan kaos selesai, masukkan pewarna pakaian ke dalam botol
6.) Letakkan jaring-jaring di atas trash bag lalu taruh kaos yang sudah berbentuk pusaran di atasnya
7.) Siramkan satu warna ke salah satu sisi kaos
8.) Lakukan hal yang sama dengan warna yang berbeda pada setiap bagian kaos
9.) Cucilah baju yang sudah diberi pewarna hingga menyeluruh dengan air yang mengalir, lalu rendam sebentar
10.) Keringkan baju yang sudah di cuci bersih