Ide Dapur Cantik dengan Desain Shabby Chic

Desain Dapur Shabby Chic – Dapur sering dianggap sebagai area “perempuan” disebuah hunian. Maka tak jarang, desain dapur dibuat dengan desain yang feminim. Gaya desain shabby chic  merupakan gaya desain yang berkembang pada tahun 1980’an yang menggabungkan antara gaya desain vintage dan ristic yang mampu menghasilkan tampilan frminim namun tetap elegan pada ruangan. Nah, tak hanya pada ruang tamu atau kamar,desain shabby chic juga cocok untuk diaplikasikan pada dapur.

Walaupun dapur kerap dianggap area kotor, pengaplikasikan desain yang menarik dan cantik akan membuat aktivitas Anda di dapur pun menjadi lebih nyaman. Mau tahu cara mengaplikasikan desain dapur shabby chic? Simak tipsnya.

1. Gunakan Palet Warna

1. Gunakan Palet Warna - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Salah satu keunggulan dan keseruan dalam mengaplikasikan desain shabby chic adalah komposisi palet warna yang sangat luas. Anda pun tidak dibatasi untuk menggunakan berbagai pilihan warna dalam satu ruangan. Terapkan saja warna-warna yang menjadi favorit Anda, seperti warna pastel, warna earthy tone hingga warna monokrom pun dapat menjadi pilihan untuk dapur bergaya shabby chic. Tak usah takut untuk menggabungkan beberapa warna dalam satu ruangan. Asalkan masih terlihat serasi dan cantik, tidak ada batasan yang mengharuskan Anda hanya menggunakan satu warna pada dapur.

2. Hadirkan Pattern

2. Hadirkan Pattern - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Tak lengkap rasanya membuat desain ruangan shabby chic tanpa kehadiran pattern. Aplikasikan pattern pada dapur untuk memberikan kesan yang lebih hidup dan ramai. Anda bisa menambahkan sentuhan pattern pada lantai, wallpaper dinding atau juga peralatan makan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gorden, sarung kursi, atau kain lap dengan pattern yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Baca juga : Interior Rumah Wabi Sabi : Keindahan Dalam Ketidaksempurnaan

3. Gunakan Perabotan Antik

3. Gunakan Perabotan Antik - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Shabby chic merupakan desain yang khas dalam penggunaan atau pemilihan dari perabotan antik atau vintage. Nah, Anda juga bisa menggunakan bentuk dan model perabotan bertema lawas untuk lemari, meja, atau furniture lainnya. Salah satu cara paling mudah untuk menampilkan kesan shabby chic adalah dengan memilih furniture berbahan kayu dengan sentuhan cat yang dibiarkan sedikit mengelupas.

4. Pilih Storage Terbuka

4. Pilih Storage Terbuka - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Tak usah takut berantakan, lemari terbuka kerap menjadi pilihan untuk tempat penyimpanan pada desain shabby chic. Konsep storage terbuka ini mampu membuat tampilan dapur menjadi lebih artsy, lho. Apalagi jika Anda mempunyai beberapa peralatan makan dengan pattern unik. Ini dapat menambah suasana vintage atau shabby chic pada dapur. Lemari terbuka juga bisa menata dan menyimpan peralatan memasak atau peralatan dapur lainnya secara lebih rapi serta memudahkan Anda untuk menemukannya.

5. Berikan Pencahayaan yang Maksimal

5. Berikan Pencahayaan yang Maksimal - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Banyaknya elemen yang ada pada dapur shabby chic membuatnya harus selalu dalam keadaan terang untuk menghindari kesan sumpek atau penat. Untuk itu, pastikan pencahayaan alami yang dihadirkan sudah maksimal. Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa pencahayaan buatan atau lampu yang memadai agar dapur bisa tetap terlihat terang saat tidak ada cahaya matahari.

6. Lengkapi dengan Aksesoris

6. Lengkapi dengan Aksesoris - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Tambahkan juga sentuhan akhir pada dapur shabby chic Anda dengan beberapa aksesoris ruangan yang manis. Gunakan aksesoris yang cenderung terlihat feminin atau vintage. Anda pun bebas berkreasi dalam penambahan aksesoris yang diinginkan sesuai dengan kriteria Anda. Saat ini juga sudah banyak kok berbagai pilihan aksesoris vintage yang bisa Anda temukan.

Namun, jangan sampai terlalu banyak menggunakan aksesoris ya. Penggunaannya yang terlalu berlebihan juga bisa membuat dapur terkesan sumpek atau terlalu ramai. Cukup gunakan seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan.

7. Tuangkan Kreativitas Secara Maksimal

7. Tuangkan Kreativitas Secara Maksimal - 7 Tips & Inspirasi Desain Dapur Shabby Chic yang Kekinian

Dalam mendesain dapur bergaya shabby chic Anda bebas berkreasi dan menuangkan kreativitas Anda semaksimal mungkin. Jangan ragu dalam mendesain di luar batas dengan menggunakan warna atau dekorasi kreatif yang tak lazim ditemukan pada dapur. Dengan begitu, dapur pun bisa terlihat lebih cantik dengan keunikannya.

Ingin menyulap dapur Anda dengan desain shabby chic yang instagram-able? Tidak sulit kok, hanya dengan mengikuti beberapa tips tadi Anda sudah bisa mendapatkan dapur dengan konsep yang feminin nan elegan dari desain shabby chic. Yuk, wujudkan dapur impian Anda!

Sumber : Bramblefurniture.com