6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan – Dekorasi ruangan kini semakin beragam, sebagian orang memilih bunga kering sebagai hiasan. Tidak perlu  bunga kering, rumput kering pun bisa membuat ruanganmu makin estetis. Kamu bisa menanam rumput hias di halaman rumah, kemudian mengeringkannya untuk dekorasi ruangan.

Buat kamu yang suka gaya vintage atau earthy, rumput kering bisa menjadi pilihan. Kamu pun bisa merangkainya dengan bunga kering berwarna pastel. Dilansir https://christian-mommies.com/ dan Missouri Botanical garden, ini jenis rumput yang bisa bikin ruanganmu makin estetis? Yuk, simak!

1. Pampas

9fd859273cfed05f351772485c5bddd34e pampas 3.2x.w600 - 6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

Kamu pasti udah enggak asing lagi dengan rumput satu ini, pampas. Pampas menjadi salah satu rumput kering yang kerap digunakan untuk dekorasi ruangan. Selain itu, bisa dimanfaatkan untuk dekorasi backdrop acara bertema earthy.

Dilansir dari Missour Botanical Garden, rumput pampas berasal dari Brazil, Argentina dan Chili. Rumput ini ditanam di seluruh dunia pada masa Victoria dan menjadi salah satu rumput hias paling populer. Ukurannya yang cukup besar mengharuskanmu memiliki wadah yang besar pula untuk ditempatkan di dalam ruangan.

2. Lagurus

lagurus ovatus cerise gedroogd 3614 0 - 6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

Rumput kering lainnya yang populer untuk dekorasi, yakni lagurus atau bunny’s tail. Bentuknya yang unik seperti memilik bulu lembut, menjadikan rumput satu enggak kalah estetis dari pampas. Kamu pun bisa membelinya dengan mudah, bahkan sebagian sudah diwarnai supaya makin menarik.

Menurut Flower Database, lagurus merupakan rumput liar yang berasal dari wilayah pantai Mediterania. Warna alaminya putih dan tinggi sekitar 15-40 cm, periode berbunga pada bulan April hingga Juli.

3. Phalaris

buy canary grass dried - 6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

Phalaris memiliki tampilan yang hampir mirip dengan lagurus. Keduanya merupaknan famili Poaceae dan berasal dari wilayah Mediterania. Bedanya, phalaris memiliki biji atau bulir yang lebih besar dan tidak memiliki bulu lembut seperti lagurus.

Dilansir dari Agriculture Victoria, phalaris berasal dari Eropa selatan kemudian dinaturalisasi di seluruh Australia. Rumput ini dibedakan menjadi Reed Canary-grass (Phalaris arundinacea), Lesser Canary-grass (Phalaris minor) dan Paradoxical Canary-grass (Phalaris paradoxa).

4. Foxtail barley

Foxtail grass ThinkstockPhotos 80712308 - 6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

Foxtail Barley merupakan salah satu jenis rumput hias yang memiliki nama ilmiah Hordeum jubatum. Rumput satu ini mudah dikenali dengan rumpun daun melengkung dengan bunga berbulu. Warna aslinya hijau-merah dengan merah muda atau ungu dan akan memudar menjadi cokelat ketika dewasa.

Rumput hias ini biasanya menjadi tanaman untuk taman berbatu dan mampu bertahan dalam kondisi kering. Bisa juga dikeringkan dan menjadi hiasan di dalam rumah.

5. Fountain grass

fountain grass fertilizer - 6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

Fountain grass menjadi rumput hias favorit karena perawatannya yang mudah. Rumput ini juga tumbuh membentuk rumpun, sehingga enggak perlu takut menjadi invasif.

Warna bunganya yang mencolok menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya berwarna cokelat, merah muda atau ungu yang cocok untuk menghias ruanganmu. Selain itu, ukurannya pun beragam, mulai 30 cm hingga hampir 1 meter.

6. Stypha penata

18654 - 6 Jenis Rumput Kering Ini Cocok untuk Dijadikan Dekorasi Ruangan

Berbeda dari jenis rumput sebelumnya, stypha penata tidak berbunga dan lebih sederhana. Meski demikian, sering kali menjadi pelengkap dalam buket bunga. Kamu juga bisa meletakkanya di dalam vas atau gelas supaya ruanganmu terkesan sederhana nan estetis.