5 Negara Eropa dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi

190329 wine editorial a1606a7996a81570a4cf673c36333615 - 5 Negara Eropa dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi

5 Negara Eropa dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi – Minuman beralkohol adalah budaya turun-temurun masyarakat di negara beriklim dingin. Alasannya, karena alkhol bisa menjaga tubuh agar tetap hangat. Jadi tak heran, konsumsi minuman beralkohol di beberapa negara sangat tinggi dibanding negara lain.

Negara mana saja yang memiliki tingkat konsumsi minuman beralkohol tertinggi di dunia? Yuk disimak guys..

1. Prancis 

Orang Prancis sangat suka minum wine, minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi anggur. Rata-rata, orang Prancis minum minuman beralkohol 11,8 liter per orang per tahun.

Kawasan penghasil wine terbesar di Prancis adalah Bordeaux yang terletak di barat daya Prancis. Di sini, lebih populer wine merah daripada putih. Wine merah ini juga digunakan untuk campuran masakan, contohnya beef bourguignon.

2. Republik Ceko 

Sama seperti orang Prancis, rata-rata orang dari Republik Ceko mengonsumsi minuman beralkohol 11,8 liter per orang per tahun. Ceko terkenal dengan bir (pivo), salah satu kebanggaannya yaitu Pilsner Urquell yang difermentasi lambat dengan temperatur rendah.

Selain itu, Ceko juga memproduksi wine merah dan putih. Adapun, paling banyak diproduksi di bagian selatan Moravia. Salah satu wine yang cukup terkenal adalah Frankovka, wine yang kaya akan tanin dan aromatik.

3. Grenada 

Grenada merupakan negara kepulauan yang terletak tak jauh dari Karibia. Rata-rata orang Grenada mengonsumsi minuman beralkohol 11,9 liter per orang per tahun. Sementara, menurut data di laman Statista pada 2016, 48 persen orang Grenada minum liquor.

Sementara, 41 persen minum bir, 7 persen minum wine, dan 4 persen sisanya adalah minuman beralkohol dari jenis lain. Orang Grenada lebih menyukai vodka dan rum. Dua brand rum paling terkenal adalah Westerhall dan Clarke’s Court Rum.

4. Lithuania

Lanjut ke Lithuania, orang-orang di sini mengonsumsi minuman beralkohol 12,9 liter per orang per tahun. Negara ini menghasilkan bir yang tak kalah hebat dari Jerman, Ceko dan Belgia, ungkap laman Lithuanian National Radio and Television (LRT).

Menurut sejarah, minum bir telah menjadi tradisi sejak abad ke-11 serta digunakan untuk perayaan dan ritual Baltik kuno. Kota-kota penghasil bir di Lithuania, antara lain Utena, Panevėžys, Klaipėda, Kaunas, dan Vilnius.

5. Belarus 

Negara yang mengonsumsi alkohol tertinggi di dunia di menangkan oleh Belarus, negara tanpa laut yang ada di bagian timur Eropa. Rata-rata orang Belarus mengonsumsi minuman beralkohol sebanyak 14,4 liter per orang per tahun.

Minuman beralkohol tradisional di Belarus terbuat dari campuran bir dan madu. Wine juga sesekali dikonsumsi walau tidak terlalu populer dan hanya digunakan sebagai ritual keagamaan saja. Selain itu, wine dianggap terlalu mewah dan tidak semua orang bisa membelinya