5 Fakta Unik Europa

5 Fakta Unik Europa – Planet terbesar dalam tata surya kita yaitu jupiter ternyata memiliki salah satu bulan yang unik dan cukup populer di kalangan para pecinta astronomi. Bulan ataupun satelit tersebut adalah europa. Satelit ini ditemukan pada tahun 1610 oleh Galileo Galilei, namun kemudian dibantah oleh Simon Marius yang mengklaim telah menemukan europa terlebih dahulu pada tahun 1609. Namun, terlepas dari itu semua, europa memiliki beberapa fakta unik untuk bahas.

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta unik yang terdapat dari europa, simak yuk apa saja!

1. Memiliki permukaan es

Satelit dari planet jupiter ini ternyata memiliki permukaan yang terbuat dari lapisan es yang menyelimuti europa. Tentunya hal ini menjadi salah satu fakta yang menarik karena hal-hal yang terdapat di bawah lapisan es tersebut masih menjadi sesuatu yang seru untuk terus diulas kebenarannya.

2. Satu hari di europa sama dengan 3,5 hari di bumi

Jika kamu memperhatikan durasi waktu rotasi yang dihasilkan dari europa dalam sekali mengelilingi jupiter dapat diibaratkan seperti 3,5 hari di bumi. Ini lah salah satu yang unik dari durasi perputaran europa pada planet yang diorbitnya untuk sekali putaran. Durasi ini tentu saja lebih panjang ketimbang rotasi bumi.

3. Terdapat oksigen pada atmosfernya

Bagi yang sudah berharap bahwa europa dapat menjadi pilihan kedua untuk pindah dari bumi sepertinya harus memupus harapan karena meski europa memiliki kandungan zat oksigen di dalamnya, namun jumlahnya sangat tipis untuk digunakan bernafas jika dibandingkan dengan kandungan zat oksigen di bumi.

4. Diperkirakan memiliki lapisan paling rata

Europa memiliki lapisan yang sangat halus terlepas dari permukaannya yang terbuat dari lapisan es padat. Meski konon terdapat retakan dan goresan pada lapisannya, namun europa sangat jarang terdapat kawah pada bagian permukaannya akibat meteor. Ini lah mengapa europa dikatakan memiliki permukaan yang paling halus di tata surya.

5. Apabila konon terdapat air di europa, maka jumlahnya akan 2 kali lebih banyak dari bumi

Beberapa orang berspekulasi bahwa terdapat air atau zat yang memungkinkan kehidupan terjadi di bawah lapisan es pada europa. Namun, apabila hal tersebut terbukti maka jumlah air dari europa akan sangat melimpah dengan perbandingan bisa menjadi 2 kali lebih banyak dibandingkan jumlah air di bumi. Hal ini tentu saja merupakan jumlah yang fantastis mengingat permukaan europa yang terbuat dari lapisan es padat.

***

Nah, 5 fakta menarik seputar europa di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar dapat mengenal lebih mengenai satelit dari planet terbesar di tata surya, yaitu jupiter. Bagaimana menurutmu?