5 Desain Model Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Desain Rumah – Anggota keluarga bertambah, tapi bingung bagaimana cara menambah ruang karena tidak memiliki luas rumah yang cukup? Minimnya lahan dan harga rumah serta tanah yang mahal di wilayah perkotaan, menuntut banyak orang untuk membuat rumah sederhana dengan desain tingkat.

Tipe rumah tingkat sederhana cocok untuk keluarga, karena s128 deposit via pulsa fungsi ruangan dapat tumbuh seiring dengan bertambahnya personil keluarga. Walaupun luas tanah terbatas, Anda pun tetap bisa mewujudkan rumah tingkat sederhana. Mau buat rumah tingkat yang nyaman dan fungsional? Lihat dulu beberapa model inspirasinya berikut ini.

1. Ruang Serbaguna tanpa Sekat

rumah tingkat sederhana dengan ruang serbaguna tanpa sekat - 5 Desain Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Setiap keluarga pasti membutuhkan ruangan bersama yang dapat mengakomodasi seluruh keperluan anggota rumah. Anda juga tentu membutuhkan ruang untuk menyambut teman atau kerabat yang berkunjung. Untuk itu, sebaiknya sediakan ruangan khusus serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan bersama. Ruangan serbaguna ini dapat Anda buat di tengah rumah tanpa menggunakan sekat agar ruangan terlihat lebih lapang dan tidak sumpek.

Agar ruangan lebih nyaman, tambahkan karpet, kursi atau sofa yang nyaman, meja kecil, dan furniture lain sesuai kebutuhan. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga pun akan merasa nyaman karena ruangan dapat memenuhi seluruh kebutuhannya.

2. Rumah Split Level

Rumah tingkat sederhana split level - 5 Desain Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Pernah mendengar istilah rumah split level? Rumah dengan konsep ini biasanya didesain dengan tiap lantai yang saling tergantung. Secara umum, akan ada dua tangga pendek yang menyambungkan dua lantai dengan ketinggian level yang berbeda. Perbedaan level lantai namun tidak benar-benar berada pada tingkat lantai yang berbeda merupakan ciri khas utama dari rumah split level.

Rumah tingkat sederhana split level 2 - 5 Desain Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Rumah bertingkat dengan konsep split level akan memberikan suasana yang lebih lapang dan terbuka. Cara ini juga bisa membuat suasana rumah terkesan lebih homey. Sifatnya yang terbuka juga memungkinkan sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan bisa mengalir secara lebih maksimal. Tertarik untuk mengaplikasikan desain ini pada hunian impian Anda?

3. Rumah dengan Bukaan

Maksimalkan bukaan - 5 Desain Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Agar terkesan lebih lapang, salah satu model rumah tingkat yang bisa Anda coba adalah dengan desain bertingkat yang didominasi bukaan-bukaan besar. Tak hanya memberikan kesan luas, bukaan yang maksimal juga akan memberikan sirkulasi udara serta pencahayaan natural yang baik. Ventilasi udara yang baik akan membuat rumah lebih sehat, sekaligus meminimalisir penggunaan energi yang bisa menambah budget pengeluaran Anda.

Baca juga: Kreasi DIY dari Barang Bekas yang Ramah Lingkungan

Untuk privasi, Anda bisa menambahkan tirai atau blind pada bukaan. Selain itu, sebaiknya buat bukaan pada bagian rumah yang menghadap ke taman atau view yang menarik. Hindari bukaan besar pada sisi yang menghadap matahari langsung karena akan membuat hunian terasa panas dan silau.

4. Rumah dengan Taman Indoor

Taman indoor - 5 Desain Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Rumah dengan luas terbatas cenderung akan memberikan kesan sumpek dan sempit. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat indoor garden di tengah ruangan. Memiliki indoor garden dapat memberikan banyak keuntungan, hijaunya tanaman dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih sejuk dan segar. Tak hanya itu, segi visual yang ditampilkan dari tanaman di dalam rumah juga bisa membuat rumah terlihat lebih asri dan indah. Kehadiran tanaman juga bisa memperbaiki sirkulasi udara rumah Anda lho.

Apabila bentuk dan luas ruangan tidak mendukung untuk membuat taman indoor, Anda bisa menghadirkan pot-pot kecil yang ditata di pojok ruangan atau membuat vertical garden minimalis yang bisa membuat rumah lebih sehat.

5. Rumah dengan Tangga Spiral

Rumah dengan tangga spiral - 5 Desain Rumah Tingkat Sederhana untuk Kaum Urban

Untuk rumah mungil dengan luas terbatas, tentu Anda tak ingin membuatnya terlihat lebih sempit dengan menggunakan tangga berukuran besar atau tangga dengan sekat permanen. Tampilan rumah bisa terlihat lebih dinamis dan luwes dengan penggunaan tangga spiral. Tak hanya menghubungkan antara lantai atas dan bawah, tangga spiral juga bisa menjadi aksen yang akan mempercantik tampilan rumah. Walaupun tangga spiral kerap identik digunakan untuk ruangan belakang rumah, dengan pemilihan desain railing tangga yang unik, Anda bisa mendapatkan tangga dengan kesan modern dan kekinian.

Itulah tadi beberapa inspirasi rumah tingkat sederhana yang bisa Anda aplikasikan pada hunian impian Anda. Kira-kira model desain mana yang paling sesuai dan ingin Anda terapkan?

Sumber: bramblefurniture.com