7 Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey’

Tembok Kayu – Ingin memberikan tampilan yang berbeda pada tembok rumah dengan mengubah cat atau wallpaper di hunian Anda? Anda bisa mencoba inspirasi desain dengan dinding kayu untuk hunian Anda. Dinding rumah memang memiliki fungsi yang penting sebagai pelindung eksterior serta pembatas atau penyekat antar ruang pada bangunan. Selain harus memiliki struktur yang kokoh, dinding rumah juga harus dibuat dengan desain yang menarik sehingga bisa menjadi unsur dekoratif pada hunian.

Untuk membuatnya tampil segar dan baru, gunakan saja alternatif cat atau wallpaper dinding dengan bahan kayu. Tampilan dari kayu mampu memberikan tekstur, kehangatan serta aksen yang natural pada dekorasi interior. Mau tahu apa saja inspirasi dan model dinding kayu pada rumah yang tepat agar rumah bisa tampil lebih cantik? Simak di bawah yuk.

1. Dinding Pola Chevron atau Herringbone

Pola dinding kayu chevron atau herringbone - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Panel kayu pada dinding rumah tidak harus selalu dipasang dengan pola yang horizontal atau vertikal. Untuk memberikan kesan yang lebih dinamis dan modern pada hunian, Anda bisa menyusun potongan kayu dengan pola herringbone atau chevron. Aplikasikan pola kayu ini hanya pada salah satu dinding ruangan saja agar dinding bisa menjadi fokus utama. Pola ini sangat cocok diaplikasikan pada kamar tidur sebagai headboard atau di ruang tamu sebagai latar untuk televisi Anda.

2. Dinding dengan Panel Kayu Alami

Suasana dinding kayu hangat dengan panel kayu alami - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Ingin memberikan suasana yang hangat pada ruangan? Tambahkan aksen dinding berbahan kayu palet tanpa finishing yang disusun melintang. Inspirasi desain dinding dari kayu palet ini akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan natural karena tampilannya yang kasar dan masih terlihat seperti aslinya. Untuk Anda yang ingin memberikan tampilan rustic pada rumah, dinding palet kayu ini juga punya kesan rustic yang menarik. Walaupun tekstur dan warnanya tidak rata, palet kayu alami ini justru akan menambah aksen dinding yang memikat. Kombinasikan dengan furniture kayu lainnya untuk memaksimalkan tampilan natural pada ruangan.

Baca juga: Hindari Stres dengan Cara Praktis

3. Dinding kayu Irisan

dinding Kayu irisan - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Dinding dengan aksen kayu irisan dari batang pohon memang memiliki tampilan yang sederhana, namun terlihat sangat fenomenal dan kental akan nuansa alam. Untuk tampilan yang lebih menyatu, pasang plywood atau kayu triplek sebagai latar sebelum Anda menempelkan irisan kayu. Lapisi potongan kayu dengan coating warna bening agar motif dan warna kayu terlihat lebih autentik.

Inspirasi Tembok Kayu

4. Dinding Kayu Tipis Vertikal yang Minimalis

dinding Kayu tipis vertikal yang minimalis - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Panel kayu pada dinding dengan bentuk yang tipis dan disusun secara vertikal merupakan salah satu cara untuk menonjolkan tekstur dinding yang menarik namun tetap minimalis. Tambahkan sentuhan lampu atau lighting yang modern atau minimalis yang akan membuat atmosfir kamar lebih modern. Sebaiknya, gunakan lighting dengan pencahayaan redup berwarna kuning agar ruangan bisa terasa lebih hangat dan homey.

5. Dinding Kayu Bekas

Kayu bekas - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Ternyata reclaimed wood atau kayu bekas juga bisa lho menciptakan gaya yang natural sekaligus eklektik pada dinding ruangan. Kesan lusuh dan berantakan yang ditampilkan oleh palet kayu bekas ini justru bisa menampilkan tekstur yang kontras pada ruangan yang tadinya terlihat sangat monoton. Dinding dengan kayu bekas ini pun membuat ruangan jadi lebih hidup dan berwarna, sekaligus bisa menjadi aksen dinding yang artistik. Dinding dengan kayu bekas ini cocok diaplikasikan pada ruang tamu atau ruang keluarga, sebagai focal point ruangan yang menarik.

6. Diding Kayu Mozaik

Dinding mozaik - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Untuk tampilan yang lebih modern dan unik, Anda bisa mencoba kreasi dinding yang satu ini. Seperti yang sudah kita ketahui, kayu memiliki banyak sekali tekstur dan warna. Contohnya, ada banyak jenis kayu berwarna cokelat dengan gradasi warna yang berbeda pula. Nah, Anda bisa menghadirkan beberapa gradasi warna cokelat dari kayu untuk membuat tampilan unik yang jarang ditemui. Permainan gradasi warna ini juga akan memberikan tampilan mozaik yang bisa membuat orang terpana akan keunikannya.

7. Dinding Kayu dengan Finishing Glossy

Kayu dengan finishing glossy - Inspirasi Tembok Kayu untuk Tampilan Rumah Natural dan Homey

Material kayu memang sangat mudah diaplikasikan untuk memberikan tampilan dinding yang natural. Untuk tampilan yang lebih modern dan unik, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan tekstur kayu mengkilat alias glossy. Dinding dengan kayu glossy ini cocok diaplikasikan pada berbagai ruangan karena warnanya yang menenangkan dan menyejukkan.

Sentuhan dinding kayu tak hanya bisa Anda aplikasikan pada rumah rustic saja, tetapi juga pada gaya rumah modern dan minimalis. Kayu akan membuat suasana rumah lebih sejuk, alami, dan homet.

Sumber: Bramblefurniture.com